Cara pendaftaran dan kantor BPJS Cileungsi Cibubur Cibinong

Jakarta – Pemerintah telah membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sesuai dengan Undang-undang No 40 Tahun 2011. Masyarakat juga bisa mendaftar kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara mandiri.

Rupanya cara mendaftar kepesertaan JKN tidak rumit. Tak perlu bolak-balik ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan kartu peserta yang disebut Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kartu itu nantinya diantar ke rumah peserta masing-masing. Bagaimana caranya?

Pendaftaran bisa dilakukan di kantor cabang BPJS, dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

a. Fotokopi kartu keluarga (KK)
b. Fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang ada di dalam kartu keluarga untuk pendaftaran di kelas 1 dan 2, untuk pendaftaran kelas 3 tak perlu.

Kantor Cabang Cibinong

Alamat : Ruko Graha Nirwana No 10-11 Jalan Kolonel Eddy Martadipura Pakansari Cibinong

Telepon : (021)-87920250, (021)-87920367

Liason Office (LO) Cileungsi

Alamat : Ruko Ebony XXV No 8 Metland Cileungsi

Telepon : 021-22950154

—–

Pendaftaran peserta JKN bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan mana pun yang terdekat atau sesuai alamat di KTP. Selain itu, bisa mendaftar lewat aplikasi JKN Mobile di ponsel.

“Aplikasi mobile JKN banyak sekali fitur di dalamnya, antara lain fitur pengembangan data peserta. Peserta yang sudah terdaftar dapat mengubah faskes tingkat pertama dari klinik A ke klinik B atau dapat pindah dari faskes A ke B, dan lain sebagainya,”

Sementara itu, berbeda dengan kantor BPJS Kesehatan lainnya, kantor di Jakarta Selatan sudah memakai alat pembaca e-KTP. Jadi pendaftar tinggal tapping atau menyentuhkan e-KTP tanpa perlu mengisi formulir data diri.

Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftar keanggotaan BPJS Kesehatan secara mandiri dan mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS):
1. Calon peserta mendaftar secara perorangan di kantor BPJS Kesehatan
2. Mendaftarkan diri dan anggota keluarga yang ada di kartu keluarga
3. Mengisi formulir Daftar Isian Peserta (DIP) dengan melampirkan:
– Fotokopi kartu keluarga (KK)
– Fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang ada di dalam kartu keluarga untuk pendaftaran di kelas 1 dan 2
4. Setelah mendaftar, calon peserta akan memperoleh SMS berisi nomor virtual account (VA) dan tanggal pembayaran pertama. Satu nomor VA untuk pembayaran satu keluarga.
5. Melakukan pembayaran iuran ke ATM bank yang bekerja sama (BRI/Mandiri/BNI/BTN) dan melalui pihak yang bekerja sama (minimarket, Kantor Pos, dan sebagainya).
6. Setelah pembayaran dilakukan, peserta akan mendapatkan kartu KIS BPJS Kesehatan yang dikirimkan oleh BPJS Kesehatan paling lambat 6 hari kerja.

Pendaftaran selain di kantor BPJS Kesehatan dapat dilakukan di kanal-kanal berikut, antara lain website BPJS Kesehatan, care center BPJS Kesehatan 1500-400, mobile JKN, mal yang bekerja sama, dan sebagainya.

Source cabang : website BPJS kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s