Cara untuk connect router Asus AC1500 RT-AC59U ke modem First Media

Article Mar’21

Di saat Work From Home seperti ini, internet yang cepat dan stabil sangatlah penting. Internet melalui Wi-Fi yang cepat dan stabil adalah kebutuhan utama kita saat ini, terutama pada saat kita sedang melakukan online meeting melalui Webex / Zoom / Microsoft Teams. Untuk itu, selain provider yang andal, router yang kita pakai pun mempunyai peranan penting dalam mendukung pekerjaan kita sehari-hari.

Pada saat kita mengganti router wifi kita dengan router baru, tentunya kita bertanya-tanya, apakah mudah untuk melakukan koneksi antara router wifi kita dengan modem provider kita, seperti First Media. BC88Shop ingin membagikan pengalaman cara menyambung router Wi-Fi ASUS AC1500 RT-AC59U dengan modem First Media. Karena sebelumnya BC88Shop menggunakan router Wi-Fi TP Link yang berbeda menu dan pengaturannya.

Langkah 1 : Sambung modem router First Media anda dengan router Wi-Fi Asus anda pada bagian WAN (bukan LAN 1-4). Jangan lupa untuk memasang adaptor router Wi-Fi anda juga supaya modem First Media dan router Wi-Fi Asus anda dalam kondisi ‘On’

Langkah 2 : Sambung router Wi-Fi Asus ke laptop atau desktop anda menggunakan kabel RJ-45 pada bagian LAN 1-4 (salah satu saja).

Langkah 3 : Buka salah satu web browser seperti Internet Explorer / Mozilla Firefox / Google Chrome dan ketik http://router.asus.com

Untuk login pertama kali, anda akan diminta untuk mengganti password admin anda menggunakan password yang anda inginkan. Setelah mengganti password dan berhasil login, maka akan keluar menu seperti di bawah:

Langkah 4 : Menurut kami, setting pada router Wi-Fi Asus AC1500 RT-AC59U ini merupakan setting router Wi-Fi yang termudah. Karena koneksi internet dari modem router First Media anda dapat langsung dikenali oleh router Wi-Fi ini. Secara otomatis WAN IP dari First Media (Dynamic IP) langsung didapat oleh router Wi-Fi ini tanpa melakukan setting apapun !

Langkah 5 : Karena router Wi-Fi ini support Dual Band (2.4Ghz dan 5Ghz), maka kita dapat mempunyai 2 nama Wi-Fi yang dapat dicari oleh perangkat kita, misalnya Wifi_Saya dan Wifi_Saya_5Ghz. Kita hanya perlu men-setting password (WPA-PSK Key) pada bagian 2.4 Ghz dan 5Ghz, sehingga perangkat yang ingin mengakses wifi kita harus memasukkan password sesuai setting yang kita lakukan.

Langkah 6 : Restart router Wi-Fi Asus anda dan nama Wi-Fi anda sudah dapat dikenali. Tinggal masukkan password Wi-Fi yang anda set sebelumnya.

Mudah kan .. IP router anda secara default adalah 192.168.50.1. Dan keunggulan lain dari rrouter Wi-Fi router ini adalah mendukung MESH yang bisa membuat pengaturan dengan banyak router Wi-Fi menjadi mudah dan cukup menggunakan 1 nama Wi-Fi.

Kalau anda suka dengan artikel ini, jangan lupa follow BC88Shop di Tokopedia (klik gambar di bawah), Shopee atau Instagram. BC88Shop adalah Toko Online di Tokopedia dan Shopee dengan peringkat 4 Silver dan telah menjual lebih dari 3,100 product dengan lebih dari 900 ulasan bintang 5.

https://instagram.com/bc88shop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s